Taman Indah di Kota London Yang Harus di Kunjungi

Taman Indah di Kota London – London tak melulu tentang sejarah dengan gedung-gedung tua sebagai atributnya, pasar barang antik yang membuat kita betah berlama-lama di sana atau soal kuliner dan wisata belanjanya yang selalu membangkitkan hasrat, tapi London juga punya deretan taman cantik yang bisa menjadi objek wisata menarik bagi Anda dan keluarga! Bersih, terawat dan pastinya hijau menyegarkan mata, itulah kesan ketika berada di taman-taman yang ada di Kota London.

Dari taman yang luas sekali sampai yang terkecil pun semuanya bisa menjadi tempat hiburan dan refreshing. Banyak yang bisa dilakukan di sini, mungkin Anda hanya ingin duduk-duduk di atas rumput yang luas atau membaca buku seharian di bangku taman, olah raga atau berjalan sambil menikmati keindahan danau yang ada di dalam taman, tentu semuanya menghadirkan kesenangan yang tak kalah dari objek wisata lainnya.

Tak heran jika taman-taman di Kota London selalu ramai pengunjung, ada yang datang sendiri, bersama pasangan dan tak sedikit yang membawa keluarga. Dari sekian banyak taman yang dimiliki Kota London, berikut ini beberapa di antaranya yang patut Anda kunjungi.

ROYAL BOTANICAL GARDEN
Luas taman yang menjadi rumah bagi lebih dari 30.000 jenis tanaman ini mencapai 121 hektar. Sudah ada sejak 250 tahun lalu, menjadikannya sebagai situs warisan dunia. Selain memiiliki fasilitas yang lengkap, wisatawan bisa mengunjungi taman ini sepanjang tahun karena setiap musimnya Anda akan menemukan pemandangan menarik yang memesona.

Summer menjadi waktu yang tepat untuk melihat bunga-bunga yang colorful. Pun di saat autumn di mana Anda akan disuguhkan warna spektakuler dari pepohonan yang ada di seluruh area taman. Pemandangan yang indah juga bisa Anda saksikan di saat salju menyelimuti pepohonan. Lalu apa yang bisa dilihat kala musim semi tiba ? lapisan warna-warna indah dapat Anda saksikan dari tumbuh-tumbuhan yang seolah hidup kembali. Buka setiap hari mulai jam 10 pagi dan ditutup paling cepat jam 4.15 sore pada saat winter (taman tutup di tanggal 24 dan 25 Desember). Tiket untuk dewasa antara £ 14 – £ 16.5.

KENSINGTON PALACE GARDEN
Jutaan wisatawan baik lokal maupun mancanegara mengunjungi taman yang berada satu area dengan Istana Kensington yang menjadi kediaman keluarga kerajaan ini setiap tahunnya. Luasnya yang mencapai sekitar 100 hektar sangat memungkinkan memberi rasa nyaman bagai para wisatawan meskipun taman sedang didatangi banyak pengunjung. Di dalam taman Anda bisa menyaksikan beberapa objek menarik selain istana Kensington, ada The Albert Memorial, sebuah monumen yang diresmikan tahun 1872 untuk memperingati wafatnya Pangeran Albert, suami Ratu Victoria.

Di dalam taman ada sebuah danau yang dibelah oleh Serpentine Bridge, sisi utara jembatan dinamai Long Water, sementara di sisi selatannya adalah Serpentine. Di sebelah barat Long Water ada patung Peter Pan yang didirikan pada tahun 1912. Tepat di sebelah Kensington Palace terdapat Diana Memorial Background yaitu taman bermain untuk anak-anak. Di dalam taman ini juga terdapat taman lagi yaitu Italian Garden. Taman berumur 150 tahun yang dijadikan hadiah untuk Ratu Victoria dari Pangeran Albert ini lokasinya dekat Lancaster Gate. Selain itu masih ada spot menarik lainnya seperti Serpentine Galleries dan Allotment Garden. Buka mulai pukul jam 6 pagi hingga 8.30 malam.

HYDE PARK
Hyde Park merupakan salah satu taman terbesar di Kota London dan masuk dalam daftar Taman Kerajaan Inggris. Lokasinya berseberangan dengan Kensington Palace Garden yang dipisahkan oleh Danau Serpertine. Banyak yang masih beranggapan bahwa Hyde Park bagian dari Kensington Palace Garden atau sebaliknya, sebenarnya kedua taman tersebut sudah dipisahkan secara teknis oleh Ratu Caroline pada tahun 1728.

Berbeda dengan Kensington Palace Garden, Hyde Park yang memiliki luas 140 hektar ini dibuka mulai jam 5 pagi hingga tengah malam. Beberapa event menarik kerap digelar setiap tahunnya, sebut saja di antaranya Barclaycard presents British Summer Time Hyde Park, sebuah acara musim panas yang dimeriahkan dengan pergelaran musik, komedi, film, kuliner dan lain-lain.

Untuk memperingati peristiwa spesial seperti hari kelahiran ratu pada bulan April, di Hyde Park juga dipertunjukan Royal Gun Salutes, yaitu parade penembakan meriam sebagai tanda penghormatan. Selain acara-acara tersebut, Anda bisa menikmati rekreasi lainnya seperti berenang, naik perahu, bersepeda, berkuda, menikmati keindahan bunga mawar atau melihat-lihat beberapa monument di antaranya Diana Memorial Fountain, 7 July Memorial, patung Achilles, Joy of Life Fountain, Holocaust Memorial dan masih banyak lagi.

HAMPTON COURT PALACE GARDEN
Taman yang menyatu dengan kompleks istana Hampton Court ini termasuk salah satu tempat wisata terpopuler di London. Keunikan tamannya, kemegahan istana serta sejarah yang menyertainya menjadi daya tarik tersendiri. Tamannya melingkupi luas area sekitar 300 hektar, sementara luas bangunan istananya 2,5 hektar, semuanya berada pada jalur aliran Sungai Thames.

Taman yang menyejukan mata, juga bisa membuat Anda merasa rileks dengan melihat pemandangan air mancur yang indah, hamparan bunga dan rumput hijau di dalam lingkungan yang tenang. Istana Hampton Court yang menjadi pusat perhatian wisatawan di kompleks ini merupakan istana yang sudah dihuni oleh keluarga Britania Raya sejak abad ke-18, namun sekarang sudah terbuka untuk umum.

Arsitekturnya bergaya Tudor dan Barok, tampak begitu indah. Di sini juga terdapat beberapa atraksi menarik lainnya sebut saja salah satunya The Maze, sebuah labirin tertua di dunia berumur lebih dari 300 tahun. Labirin tersebut memiliki diding dari pohon yew yang membentuk lorong berliku sepanjang sekitar setengah mil. Di samping itu masih ada Great Fountain Garden, Magic Garden, Kitchen Garden dan lainnya yang siap untuk ditelusuri. Tiket masuk untuk dewasa £ 21 dan anak di bawah 16 tahun £ 10.5. Jam berkunjung mulai 10 pagi sampai 6 sore.

SYON HOUSE AND GARDEN
Lolasinya berdampingan dengan Royal Botanical Garden atau biasa disebut Kew Garden, keduanya dipisahkan oleh aliran Sungai Thame yang indah. Di dalam taman terdapat Syon House, sebuah rumah mewah yang dibangun pada abad ke-15 dan dulunya dijadikan tempat tinggal Duke of Northumberland. Taman cantik ini memiliki koleksi pohon dan tumbuhan langka, kebun mawar dan danau menawan yang dikelilingi pohon-pohon tua.

Taman Syon punya keunikan tersendiri, meskipun areanya relatif tidak terlalu besar namun memiliki banyak keanekaragaman hayati. Di sini menjadi habitat sempurna bagi kelelawar dan burung serta invertebrata, rumah bagi 150 jenis jamur di mana beberapa di antaranya jenis yang sangat langka dan terdapat lebih dari 60 jenis lumut. Tak heran jika taman seluas 56 hektar ini menjadi salah satu tempat konservasi alam yang penting di Kota London . Tiket masuk untuk dewasa £ 7 – £ 12, sedangkan anak-anak £ 3.5 – £ 5. Taman dibuka mulai pertengahan Maret sampai akhir Oktober dan ditutup pada saat winter.

Keindahan taman tidak hanya dinikmati dari kecantikan bunga serta desain yang menarik, namun dari segi pencahayaan lampu dimalam hari merupakan keindahan taman yang harus diperhatikan pula terlebih saat dimalam hari.Guna berjaga-jaga listrik taman hilang dimalam hari, diperlukan sebuah genset diesel untuk taman dengan performa yang terbaik supaya bisa digunakan selama kita membutuhkanya. Harga genset untuk taman di samarinda bervariatif, tergantung dari kapasitas listrik serta merek.