Deskripsi Komponen dan Fungsi Mesin Genset

Komponen dan Fungsi Mesin Genset – Sama seperti mesin lainnya, genset juga memiliki komponen yang harus diketahui. Masing-masing komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kinerjanya. Dengan memahami komponen mesin, apabila nanti terjadi kerusakan maka pengguna dapat mengetahui dengan cepat. Genset dan komponennya bisa didapatkan pada distributor genset makassar.

Komponen Utama dan Fungsi Mesin Genset

1.Mesin Genset

Sumber energi dari genset berasal dari mesin menuju generator. Beberapa bagian penting dari mesin yaitu overhead valve (OHV) yang berada di kepala silinder dan berfungsi mengurangi kebisingan saat genset menyala. Kemudian cast iron sleeve (CIS) dapat ditemukan pada lapisan silinder mesin bagian dalam yang berperan menjaga daya tahan mesin.   

2.Alternator Genset

Disebut juga genhead yang berfungsi menghasilkan output listrik dari mesin. Alternator berupa rakitan bagian yang diam dan bergerak. Komponen tersebut berfungsi menghasilkan gerakan relatif pada medan magnet dan listrik, sehingga akhirnya menghasilkan tegangan listrik.

3.Sistem Bahan Bakar

Kapasitas tangki biasanya dapat memenuhi kebutuhan listrik selama 6 hingga 8 jam. Namun, bebeda dengan generator komersial yang memerlukan penambahan tangki bahan bakar eksternal. Tangki merupakan bagian dasar dari skid generator.

4.Voltage Regulator

Komponen tersebut bekerja untuk mengatur tegangan listrik yang dihasilkan generator. Bagian dari voltage regulator meliputi exciter belitan, rotating rectifier, dan rotor atau amature. Kemudian bagian ini memproduksi tegangan output agar kapasitas operasi maksimal.

5.Pendingin dan Exhaust Sistem

Generator yang bekerja terus menerus menyebabkan komponen menjadi panas. Oleh karena itu diperlukan pendingin untuk meredakan dan mentransfer energi panas. Proses tersebut terjadi di sirkuit pendingin sekunder yang terdapat de-mineralisasi air sebagai pendingin.

6.Charger Battery dan Sistem pelumas

Setiap generator memerlukan pengisian daya seperti fungsi dari charger battery. Dengan mengisi daya maka menjadikan baterai pembangkit dapat dibebankan untuk memasok daya. Daya yang diisi dengan tegangan mengambang sangat tinggi. Sementara itu, sistem pelumas membuat mesin beroperasi lebih halus dan harus diperiksa volumenya setiap 8 jam kinerja generator.

7.Control Panel

Control panel pada generator berfungsi untuk mengatur output dan input yang dihasilkan mesin dan alternator. Control panel terdiri dari tombol on/off, meteran generator, frekuensi, dan kontrol lainnya.