10 Tahun Holiday Test Drive

Gelaran test drive akbar Holiday Test Drive terasa spesial lantaran tahun ini memasuki gelaran ke-10. Kian terasa spesial karena tim Auto Bild mendapatkan dukungan dari Telkomsel melalui aplikasi cerdas T-Drive. Sudah menjadi tradisi, selama musim libur Lebaran, awak redaksi Auto Bild Indonesia selalu melakukan Holiday Test Drive (HTD). Tahun 2015 HTD memasuki gelaran ke-10. Sekadar pengingat, sebelum HTD, ajang ini sempat diberi label Mudik In Style. Seluruh awak redaksi menguji berbagai jenis mobil baru ke berbagai kota atau destinasi wisata.

Tidak sekadar berlibur, namun juga mengujinya sesuai standard pengetesan Auto Bild. Untuk kali ini, uji konsumsi BBM full to full. Makanya, baik kecepatan maupun perilaku berkendara tetap dijaga seoptimal mungkin. Nah, tahun ini, total ada 17 mobil baru yang diuji kemampuannya sambil dibawa liburan oleh awak redaksi Auto Bild. Pilihan jenis mobil bervariasi, mulai dari LCGC, City Car, SUV, MPV, hingga sedan papan atas terkini. Asal negaranya pun bervariasi.

Mulai dari Jepang, Korea, Jerman, Amerika, hingga India. Pun dengan destinasi wisata yang dituju. Ada yang menuju Bandung, Cirebon, Yogyakarta, bahkan hingga ke luar pulau Jawa, yakni Padang dan Bali. Rute yang ditempuh cukup bervariasi dan menantang. Dan hasilnya adalah rangkuman perjalanan seru seluruh awak redaksi Auto Bild. Namun sabar dulu, karena liputan lengkapnya baru akan disajikan di edisi 322.

TelkomSel T-Drive menDukung HTD 2015

Tahun ini event HTD terasa istimewa. Tidak hanya karena usianya, tapi juga lantaran Telkomsel mendukung penuh. Support dari Telkomsel berupa penggunaan perangkat cerdas berlabel T-Drive. Produk ini adalah buah pengembangan divisi Telkomsel M2M di bidang otomotif. “Kami mulai mengembangkan T-Drive ini sejak akhir tahun lalu. Kami sudah melakukan serangkaian uji coba, dan sekarang kami mendukung HTD 2015 karena inginmemberikan pengalaman berkendara yang jauh lebih menarik, impresif dengan device dan solusi yang memang benar-benar teruji,” terang Jaka Susanta, Vice President M2M Business PT Telkomsel.

T-Drive adalah aplikasi yang berguna untuk menganalisa driving performance, menyajikan real time engine data, dan memberikan peringatan sekaligus edukasi bagi pengemudi mobil. Layaknya sebuah modul elektronik, T-Drive mampu menyinkronisasi semua informasi kendaraan tersebut dengan perangkat smartphone. Alat ini tinggal dipasang ke soket ECU (Engine Control Unit) di mobil.

Setelah terpasang, modul T-Drive akan mengumpulkan dan mengolah data-data dari ECU dan menampilkannya menjadi beragam menu dan ftur via aplikasi T-Drive yang dapat diunduh gratis di PlayStore dan AppStore. Informasi seperti kecepatan ratarata, kecepatan maksimum, konsumsi BBM, dan score mengemudi bisa terbaca jelas. T-Drive juga bisa mengevaluasi perilaku pengemudi, memberikan reminder servis berkala yang terakhir dilakukan, memberi informasi diagnosa mesin, hingga menginformasikan lokasi bengkel terdekat.

Sederet fungsi dan keunggulan T-Drive tentu sangat berguna bagi awak redaksi yang mengikuti uji akbar HTD 2015. Tidak sekadar memantau kondisi mesin mobil atau bengkel terdekat, tapi juga berlatih safety driving di berbagai kondisi jalan yang dilalui. Apalagi ternyata aplikasi yang dapat bekerja di Android dan iOS ini dapat memakai jaringan 2G dan 3G. Makanya, akses data tidak pernah terputus walau di tempat terpencil sekalipun lantaran jaringan Telkomsel telah menyebar rata. Hasilnya, T-Drive bisa berfungsi optimal menemani kegiatan HTD 2015.