Perencanaan Matang Sebelum Membeli Mobil Bagian 1

Membeli mobil ketika pameran punya banyak keuntungan dan kemudahan. Namun Anda harus cermat dan mempunyai rencana sebelum sampai ke pameran otomotif. tahun ini akan ada dua pameran otomotif yakni Gaikindo Indo­ nesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS). Sama seperti tahun­tahun sebelumnya, kedua pameran otomotif tersebut juga akan ada beberapa agen pemegang merek (APM) dengan dealer­nya yang berjualan produk­produk terbaru dan andalannya.

Sementara ada banyak keuntungan yang didapat jika Anda berencana membeli mobil baru di pameran. Salah satunya adalah tidak perlu repot berpindah dealer dari satu merek ke merek lainnya. Karena dalam pameran itu akan berkumpul banyak merek sehingga cukup satu kunjungan untuk memilih mobil maupun membandingkan dengan yang lain. Meski begitu bukan berarti kemudahan ini akan melancarkan transaksi Anda saat membeli mobil baru. Bila tanpa perencanaan matang bisa membuat Anda rugi.

Tentukan Target

Sebelum bertolak ke pameran, pastikan dulu merek dan model mobil apa yang hendak Anda beli. Apakah MPV, SUV, hatchback, atau sedan. Biasanya penentuan target ini disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan budget. Hal ini menjadi penting karena jangan sampai fokus Anda teralihkan ke model lain hanya karena lebih terjangkau atau keren. Pastikan mobil yang Anda incar sesuai kebutuhan. Jika pun Anda menjumpai produk lain dengan tawaran yang mirip, setidaknya Anda sudah punya informasi lengkap tentang target awal. Di sini perlu berhati­hati pada rayuan para sales person. Sementara penentuan merek di awal berpengaruh pada layanan purna jual. Seperti mudah dijangkau atau layanannya.