Perencanaan Matang Sebelum Membeli Mobil Bagian 2

Informasi

Ketika target sudah Anda temukan, selanjutnya cari berbagai informasi sedetail mungkin agar Anda tidak terjebak ketika menghadiri pameran otomotif. Informasi seputar mobil incaran bisa Anda dapatkan di website resmi agen pemegang merek (APM) maupun media massa. Seperti harga, spesifkasi maupun performa. Selain informasi seputar mobil, jangan lupa untuk membaca lebih teliti soal pameran otomotif yang ingin Anda kunjungi. Mulai dari peta menuju lokasi pameran, akses, juga denah pameran. Ini untuk mengoptimalkan waktu Anda mulai dari berangkat, melihat mobil, bertransaksi dan pulang.

Waktu Tepat

Banyak yang bilang bahwa membeli mobil di pameran bisa mendapatkan harga lebih murah jelang hari terakhir penutupan pameran. Mungkin beberapa penjual ada yang menerapkan strategi tersebut karena memang biasanya hari terakhir lebih banyak pengunjung. Tetapi bila Anda ingin mendapat informasi lebih banyak dan minim gangguan karena terlalu ramai, hari­hari kerja (Senin­Jumat) menjadi waktu yang tepat. Biasanya pada hari kerja tersebut relatif lebih sepi dibanding akhir pekan. Sehingga Anda bisa lebih fokus saat bertransaksi dan minim gangguan keramaian. Melalui strategi ini Anda bisa mendapatkan pilihan mobil yang sesuai kebutuhan dan budget.

Negosiasi

Harga yang tertera pada brosur atau daftar harga terkadang tidak selamanya harga pas. Khusus untuk produk­produk lama biasanya sales person mempunyai kebijakan untuk memberi diskon harga. Bila perlu bandingkan dengan harga di dealer di luar pameran yang juga memberi diskon. Namun bila memang sudah harga pas, biasanya ada beberapa merek yang menawarkan paket aksesori atau hadiah langsung maupun undian. Jangan lupa juga untuk Anda yang membeli secara kredit, negosiasikan down payment (DP).

Lembaga Pembiayaan

Membeli secara kredit tentu perlu mencermati lembaga pembiayaan. Biasanya tiap APM mempunyai rekanan lembaga pembiayaan yang menyediakan paket khusus pameran yang terlihat menarik dan akan ditawarkan pada Anda. Tidak ada salahnya Anda mengecek ke lembaga pembiayaan lain di luar tawaran yang ada di pameran. Karena bisa jadi ada lembaga pembiayaan lainnya yang menawarkan cicilan lebih ringan dengan down payment yang sama.