Kenyamanan Tinggal di Apartemen

Fasilitas lengkap, keamanan yang terjamin, dan biaya operasional yang cukup terjangkau, menjadi nilai lebih tinggal di apartemen. Terutama sebuah genset yang wajib ada di apartemen karena apabila listrik padam dan tidak ada sumber energi listrik cadangan maka apartemen serasa rumah kosong. Sungguh tidak nyaman bukan? Untuk mendapatkan genset yang tepat bisa dibeli dari agen resmi genset silent 1000 kva di Surabaya.

Memilih tinggal di apartemen bagi sebagian orang membutuhkan banyak pertimbangan. Takut akan bebani biaya operasional yang mahal. Selain itu juga fasilitas parkir yang buruk pada umumnya menjadi alasan mengapa seseorang mengurungkan niatnya untuk tinggal di apartemen. Padahal apartemen bisa jadi pilihan hunian yang tepat bagi Anda yang beraktivitas di kota besar seperti Jakarta.

Misalnya Adrin Merabawa (35) dan istrinya Murni (35). Setelah menikah pasangan ini memutuskan untuk tinggal di apartemen di kawasan Pluit, Jakarta Utara. Berbagai pertimbangan mereka pikirkan sebelum menjatuhkan pilihan pada apartemen. Lokasi yang dekat dengan tempat kerja jadi alasan utama Adrin dan istri memilih tinggal di apartemen. “Sebelum pilih apartemen sebenarnya ada beberapa pilihan lain, tapi apartemen dekat dengan kantor rasanya lebih praktis dan fasilitasnya juga lengkap,” kata Adrin.

Sering meninggalkan istri keluar kota karena pekerjaan juga menjadi alasan Adrin memilih tinggal di apartemen. Menurutnya, keamanan tinggal di apartemen lebih terjamin karena hanya penghuni dan pemegang kunci khusus yang bisa masuk ke dalam apartemen. Tamu yang masuk juga harus mendapat konfrmasi dahulu dari pemilik apartemen yang dikunjungi sebelum bisa masuk ke dalam hunian. Sistem keamanan di apartemen pada umumnya sudah dilengkapi dengan kamera CCTV. Dengan begitu, keamanan lingkungan apartemen lebih mudah terpantau oleh petugas keamanan.

Biaya Operasional Bukan Masalah

Biaya operasional yang mahal biasanya menjadi masalah utama yang membuat orang enggan tinggal di apartemen. Contohnya Adrin, dalam sebulan keluarganya mengeluarkan uang Rp400.000- Rp500.000 per bulan untuk biaya operasional apartemen. Biaya ini belum termasuk biaya makan sehari-hari dan biaya transportasi dari apartemen ke kantor. Tapi Adrin tidak merasa keberatan. “Sebenarnya sama saja dengan tinggal di perumahan.

Terasa lebih besar karena semuanya dibayar bersamaan mulai dari listrik, air, iuran tv kabel, sampai keamanan,” ujar Adrin. Akan tetapi, Adrin menuturkan bahwa biaya operasional tersebut sesuai dengan fasilitas yang ia dapatkan di apartemen yang dihuninya. Fasilitas pendukung seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan jogging track, bisa ia nikmati tanpa harus keluar dari lingkungan apartemen. Keunggulan inilah yang belum tentu didapatkan jika tinggal di perumahan.

Lahan Parkir Memadai

Fasilitas lahan parkir yang memadai memang menjadi pertimbangan Adrin sejak awal ketika memilih apartemen. Setelah membandingkan beberapa apartemen, akhirnya pilihan Adrin jatuh ke apartemennya kini. “Yang penting lahan parkirnya luas dan tertutup. Jadi mobil enggak terkena panas dan hujan,” ujar Adrin. Menurut Adrin, selama hampir dua tahun menghuni apartemen, kapasitas lahan parkir di apartemennya masih cukup memadai. Pengelola memang sudah menyiapkan lahan parkir yang luas sesuai dengan banyaknya penghuni yang tinggal di apartemen tersebut.

Hal inilah yang penting Anda perhatikan ketika memilih apartemen untuk dihuni. Bagi Anda yang bingung mencari hunian, tidak ada salahnya memilih apartemen. Lokasi yang dekat dengan kantor akan menghemat waktu Anda di perjalanan. Dengan begitu, waktu luang Anda bisa lebih banyak untuk beristirahat dan berkumpul dengan keluarga. Belum lagi berbagai fasilitas yang tersedia di apartemen. Anda tidak perlu repot-repot membeli kebutuhan sehari-hari di luar karena di apartemen biasanya sudah tersedia pusat perbelanjaan. Fasilitas olahraga dan rekreasi seperti gym, kolam renang, dan jogging track juga tersedia untuk melengkapi kebutuhan penghuni. Jadi, yuk tinggal di apartemen!

Menghemat Biaya Operasional di Apartemen

Biaya operasional bulanan tidak akan ‘meledak’ di akhir bulan dengan beberapa cara ini:

• Jika Anda menjalani KPA, sebisa mungkin lunasi tepat waktu. Ini akan menghemat beban bunga

• Gunakan lampu dan barang elektronik hemat energi. Matikan lampu dan alat elektronik ketika tidak digunakan. Hemat listrik, hemat biaya!

• Gunakan shower pada kamar mandi. Penggunaan air akan lebih hemat dan tagihan air berkurang

• Langkah paling penting, sisihkan selalu penghasilan untuk biaya operasional tak terduga agar tidak memberatkan di kemudian hari.