Tips Desain Rumah dengan Taman Terbuka

Question : Saya ingin membangun rumah dengan gaya modern di atas lahan berukuran lebar 10m dan panjang 20m (memanjang ke belakang). Rumah ini menghadap ke barat. Sebelah kanan lahan sudah ada rumah tetangga, sementara di sebelah kiri sekarang ini masih berupa lahan kosong. Jalan di depan rumah saya lebarnya 6m. Di rumah itu, saya ingin mimiliki ruangan berikut. 1. Carport. 2. Kamar tidur utama + kamar mandi. 3. 2 kamar anak + kamar mandi di antara kamar. Jika bisa ada connecting antara kamar anak ini. 4. Dapur. 5. Ruang makan. 6. Ruang keluarga. 7. Ruang tamu. 8. Tempat salat. Saya juga ingin di belakang rumah ada taman terbuka, walaupun tak terlalu besar. Jika bisa, rumah hanya satu lantai.

Answer : Saya memberikan jawaban yang sama sederhananya dengan pertanyaan yang Anda kirimkan. Jawaban dan desain yang saya berikan sesuai standar ideal saja. Namun, denah yang saya berikan bisa menjadi ?eksibel bila Anda ingin mengubahnya, misalkan carport dapat Anda pindahkan ke depan dapur, atau malahan Anda bisa memiliki dua carport di sisi kiri dan kanan. Dapur saya letakkan di depan dengan alasan kemudahan dalam beraktivitas. Anda tidak minta adanya ruang pembantu, jadi saya mengasumsikan Anda tidak memakai asisten rumah tangga. Dengan adanya dapur di bagian depan, sewaktu Anda bekerja di dapur, Anda akan tetap mudah mengawasi rumah dan aktivitas di luar rumah.

Ruang Tamu Mungil

Dalam denah saya lebih mengutamakan kenyamanan untuk seluruh keluarga. Ruang tamu, yang biasanya jarang digunakan, saya buat kecil saja. Namun teras depan lebih luas, sehingga untuk menerima tamu yang bukan keluarga atau teman dekat dapat dilakukan di teras atau di ruang tamu/foyer. Namun Anda memiliki ruang keluarga dan ruang makan yang lebih luas, sehingga untuk kegiatan keluarga, akan terasa lebih nyaman nantinya. Ruang tidur anak juga bisa berdekatan, bahkan masingmasing memiliki jendela untuk sirkulasi udara yang baik. Saya rasa pintu penghubung tidak perlu, karena sudah ada pintu yang saling berhadapan. Kelak dalam waktu singkat mereka akan tumbuh dan memerlukan privasi masing-masing, tentunya pintu penghubung juga akan tidak berguna nantinya.

Dua Taman Terbuka

Ruang cuci dan jemur saya buat di lantai 2, agar lantai 1 rumah Anda benar-benar bisa diperuntukkan untuk aktivitas keluarga. Ada dua taman atau ruang terbuka di rumah Anda, yang akan membuat sirkulasi udara di rumah Anda menjadi sangat optimal. Apalagi dengan adanya bukaan ke ruang jemur di lantai 2; ventilasi silang (cross ventilation) ini akan membuat ruang dalam rumah Anda menjadi nyaman tanpa perlu menggunakan pendingin udara. Dengan ruang cuci jemur berada di atas, pakaian yang dijemur akan bisa kering lebih sempurna. Anda juga bisa menambahkan ruang untuk asisten rumah tangga, seandainya kelak Anda memerlukannya. Demikian jawaban yang bisa saya berikan, semoga dapat bermanfaat.

Selain membuat taman terbuka untuk rumah, genset juga perlu diperhatikan sebagai sumber energi listrik cadangan ketika terjadi listrik padam. Listrik padam bisa terjadi akibat pemadaman ataupun juga karena sedang terjadi arus pendek dari trafo terdekat. Genset terbaik untuk rumah tangga adalah merk Fawde. Harga genset Fawde murah bisa didapatkan dari distributor resmi genset Fawde yakni V-genset.com yang menyediakan berbagai kapasitas dan selalu ready stock. Selain itu juga harga yang ditawarkan masih bisa dinegosiasikan atau belum termasuk diskon.