Tuntaskan Masalah Septic Tank

Mengabaikan masalah septic tank akan berakibat fatal pada kelangsungan kamar mandi sehat. Lewat perawatan dan rancangan yang tepat, Anda dapat memperpanjang usia septic tank tersebut. Pernah mengalami bau tidak sedap di lingkungan rumah, terlebih di area pengolahan limbah kotoran atau septic tank? Hal itu bisa jadi disebabkan oleh tidak baiknya kondisi septic tank rumah Anda.

Baca juga : outdoor furniture

Bak fenomena gunung es, masalah kecil tangki pengolahan kotoran manusia ini dapat menimbulkan masalah yang lebih besar, karena septic tank memang menjadi salah satu organ vital dalam menciptakan sistem kamar mandi ideal. Keberadaannya pun wajib ada agar lingkungan tetap sehat dan terjamin kebersihannya. Ketika septic tank dalam keadaan baik, maka area di sekitar rumah dan lingkungan pun akan baik pula.

Namun, bila area ini bermasalah, maka bukan hanya anggota keluarga saja yang dirugikan namun lingkungan sekitar pun merasa terganggu dengan bau tidak sedap yang diakibatkan septic tank tersebut. Beberapa masalah septic tank di bawah ini mungkin Anda pernah alami. Umumnya masalah ini bersumber dari sistem pembuatan dan perilaku pengguna yang tidak tepat. Jangan khawatir, berikut solusi untuk mengatasi nya.

Septic Tank Penuh

Baru seumur jagung, tapi septic tank sudah penuh. Apa sebabnya?

Permasalahan septic tank yang cepat penuh dapat disebabkan dari saluran air yang tidak lancar. Idealnya, setiap septic tank harus memiliki saluran yang baik, entah menuju ke got atau pun sumur resapan. Jika air tanah tinggi, limbah septic tank pun akan sulit disalurkan. Apalagi pada musim hujan, volume air yang ada di dalam tanah akan menjadi tinggi dan bisa menyebabkan daya serap limbah yang menuju ke tanah akan melemah.

Solusi mengatasi masalah ini adalah septic tank harus dipompa menggunakan jasa penyedot toilet. Tapi harus diperhatikan apakah debit air atau tekanan air di dalam tanah sedang tinggi atau tidak. Bisa pula dengan memasukkan obat penumbuh bakteri atau bibit bakteri yang dapat dibeli toko-toko swalayan atau bahan bangunan, untuk memaksimalkan kerja septic tank.